Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Satuan Pendidikan : SD MUHAMMADIYAH 5 KADIPIRO SURAKARTA
Kelas/Semester : II / 1
Tema : Diri Sendiri
Mata Pelajaran : IPS
Hari / Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (1 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
:
IPS
1. Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
II. Kompetensi Dasar :
IPS
1.2 Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga sebagai sumber cerita
III, Indikator :
1.2.1 Menunjukkan dokumen diri dan
keluarga
1.2.2 Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen
1.2.3 menceritakan cara memelihara
dokumen pribadi
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Melalui tanya jawab, siswa mampu menunjukkan dokumen diri dan keluarga dengan
tepat.
2.
Melalui tanya jawab, siswa mampu menceritakan peristiwa yang berkesan waktu
kecil melalui dokumen dengan percaya diri.
3.
melalui diskusi, siswa mampu menceritakan cara
memelihara dokumen pribadi dengan percaya diri.
V.
Materi Ajar
Manfaat dokumen dan
benda penting dalam keluarga sebagai sumber cerita.
VI.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab.
2.
Diskusi
3.
Pemberian tugas.
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam dan menyapa siswa serta menanyakan
kabar mereka
2.
Salah satu siswa memimpin berdoa untuk mengawali
pembelajaran
3.
Mengecek kehadiran siswa
4.
Melakukan apersepsi mengenai materi sebelumnya (apa
saja contoh dokumen dan benda penting dalam keluarga)
5.
Memotivasi siswa agar bersemangat mengikuti
pembelajaran
6.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini
|
10 Menit
|
Kegiatan inti
|
A.
Eksplorasi
1. siswa diminta membaca bersama-sama teks bacaan hal.28
(IPS untuk SD/MI kelas 2, karangan Sri Mulyaningsih)
2. guru menanyakan apa saja dokumen yang disebutkan dalam
teks bacaan tersebut.
3. kemudian, siswa diminta membaca bersama-sama teks
bacaan hal.34 (IPS untuk SD/MI kelas 2, karangan Sri Mulyaningsih)
4. guru menanyakan kembali apa saja benda yang diceritakan
dalam teks bacaan tersebut.
5. penjelasan
mengenai pentingnya dokumen dan benda penting bagi keluarga serta
menunjukkan contoh nyata dokumen dan benda penting .
B.
Elaborasi
1. Guru meminta siswa duduk berdekatan dengan kelompok
yang telah dibagi sebelumnya.
2. siswa diminta mengeluarkan contoh dokumen atau benda
penting yang telah dibawa.
3. guru membagikan
lembar kertas pada tiap siswa untuk menuliskan penjelasan sedikit mengenai
dokumen atau benda tersebut.
4. menggunakan rolling stick untuk menentukan kelompok
perwakilan mana yang
berkesempatan menjelaskan hasil
diskusi mereka.
( setiap perwakilan anggota kelompok diminta maju ke
depan untuk memutarkan tongkat sambil bernyanyi,dan saat lagu berhenti siswa
yang memegang tongkat dengan kelompoknya lah yang berkesempatan menjelaskan
hasil diskusi mereka)
C.
Konfirmasi
1.
Guru meluruskan kesalahpahaman dan memberikan penguatan dari pendapat siswa .
2.
Guru menanyakan apakah ada hal-hal yang ingin mereka tanyakan dan meminta untuk segera dikumpulkan jika telah selesai
|
50 Menit
|
Penutup
|
C. Kegiatan akhir
1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran pada
hari ini.
2. Pemberian PR oleh
guru sebagai refleksi materi tersebut.
3. Guru mengajak siswa berdo’a dan mengucap hamdalah secara bersama-sama serta mengucap salam untuk mengakhiri pembelajaran
|
10 Menit
|
VIII.
Media dan Sumber Belajar :
1. Media : gambar dokumen dan contoh benda
penting(medali), dan stick
2. Sumber belajar : Mulyaningsih, Sri.2009. IPS untuk
SD/MI kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
(hal.28-40)
IX. PENILAIAN
1. Prosedur : proses
2. Jenis penilaian : tes dan
non tes
3. Teknik penilaian : tertulis dan lisan
4. Bentuk penilaian : subyektif
4. Alat penilaian : pedoman
penskoran
Lembar penilaian kegiatan
Soal evaluasi
Rubrik penilaian akhir
Surakarta, 4 Juli 2016
Mengetahui ,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 2
Ir. Nuril Hidayati Ismi
Danawati .M
NIPM : 512 009 136 NIM :
A510130059
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh instrument
|
||
1. Teliti
2. Percaya diri
|
1. Menunjukkan dokumen diri dan keluarga dengan tepat.
2. Menceritakan peristiwa yang
berkesan waktu kecil melalui dokumen dengan percaya diri.
3. Menceritakan cara memelihara
dokumen pribadi dengan percaya diri.
|
Lisan
Tertulis
|
Uraian
|
1. Tuliskanlah benda milikmu yang
dapat menjadi sumber cerita!
2. Adakah benda milikmu yang
merupakan pemberian orang lain dan siapakah yang memberikan benda tersebut ?
3. Tuliskanlah pengalamanmu yang
berkesan saat menerima hadiah ulang tahun !
|
Kriteria Penilaian :
1.
Produk (hasil
diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
semua benar
sebagian besar benar
sebagian kecil benar
semuasalah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
Bekerjasama
Kadang-kadangbekerjasama
Tidakbekerjasama
Aktifberpartisipasi
Kadang-kadangberpartisipasi
Tidakberpartisipasi
|
3
2
1
3
2
1
|
3.
Lembar penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Nilai
= (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
Surakarta, 2 juli2016
Mengetahui ,
Guru Pamong Mahasiswa
Magang
Ika Wulandari Ismi
Danawati .M
NIPM : 850 415 241 NIM : A510130059
IX.
Lampiran
1. Materi
RANGKUMAN
MATERI
1. Dokumen dan koleksi benda berharga milik pribadi
a. Dokumen
Dokumen
adalah surat-surat penting. Surat penting sebagai bukti atau keterangan.
Dokumen ada
2 macam yaitu dokumen pribadi dan dokumen keluarga.
Ø Dokumen pribadi
adalah surat penting tentang diri seseorang. Contohnya KTP, SIM, Akte kelahiran
, ijazah, dan kartu pelajar
Ø Dokumen keluarga
adalah surat penting tentang data leluarga. Contohnya Kartu keluarga, surat
akte tanah dan BPKB
1. Dokumen pribadi
a. Kartu tanda penduduk
KTP adalah
kartu tanda penduduk. Orang yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah
harus mempunyai KTP. Ktp di keluarkan
oleh camat.Dalam KTP tertulis No. KTP, nama, tempat tanggal lahir, status,
agama, pekerjaan, dan alamat.Ktp berguna sebagai bukti bertempat tinggal. KTP
dibuat di kelurahan setempat. KTP harus dibawa setiap berpergian.
b. SIM
Pengendara
sepeda motor atau mobil harus mempunyai SIM. SIM dikeluarkan oleh POLRI. Pada
SIM terdapat identitas pemiliknya. SIM diberikan kepada seseorang yang memenuhi
persyaratan untuk mengemudikan kendaraan.
Macam-macam
SIM :
1) SIM C = Surat izin mengemudi
kendaraan roda 2
2) SIM B = Surat izin mengemudi kendaraan untuk truk,
bus,dan kendaraan besar
3) SIM A = Surat izin mengemudi untuk mobil.
c. Akte kelahiran
Akte kelahiran
merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Dalam akte
kelahiran terdapat nama seseorang, juga tempat dan tanggal lahir serta nama
orang tua. Akte kelahiran digunakan untuk mendaftar sekolah dan juga untuk
kelengkapan melamar pekerjaan.Akte kelahiran
Dikeluarkan oleh catatan sipil.Syarat memperoleh akte kelahiran :
1. KTP kedua orangtua
2. Kartu keluarga
3. Surat nikah
4. Surat keterangan kelahiran
5. Surat laporan kelahiran
d. Ijazah
Diperoleh
seseorang setelah lulus sekolah, ijazah berguna sebagai syarat melanjutkan
sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk melamar pekerjaan.
e. Kartu pelajar
Kartu
pelajar disebut juga kartu OSIS, kartu ini berisi identitas seorang siswa
seperti identitas sekolah, nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat anak.Di
keluarkan oleh sekolah.
2. Dokumen keluarga
Dokumen
keluarga Berarti dokumen milik keluarga.
a. Kartu keluarga
Dokumen
yang berisi data seluruh anggota keluarga. Kartu keluarga berisi nama, jenis
kelamin, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, agama, dan kewarganegaraan.
Dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kantor kepala desa.
b. Akta tanah
Setiap
kepemilikan terhadap bidang tanah ditandai dengan akta tanah. Akta tanah adalah
tanda bukti kepemilikan terhadap sebidang tanah.Akta tanah dibuat oleh badan
pertahanan negara (BPN).
c. BPKB
BPKB
singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB merupakan bukti
kepemilikan kendaraan bermotor.
3. Koleksi Benda Berharga
a. Album Foto
Berfungsi
untuk menyimpan foto. Peristiwa yang difoto merupakan peristiwa yang berkesan
seperti keluarga mempunyai anak, pesta ulangtahun, pesta perkawinan, dan ketika
rekreasi.
b. Piala
Hanya
orang-orang yang mempunyai prestasi saja yang bisa mendapatkan piala. Piala
merupkan suatu benda yang dimiliki oleh seseorang karena prestasinya.seorang
yang memiliki prestasi akan mendapatkan piala.
c. Barang-barang antik
Barang-barang
antik merupakan barang-barang yang mempunyai nilai seni yang tinggi.
Benda-benda antik akan selalu dirawat dengan baik. Barang-barang antik ini
tidak dimiliki semua orang.mengumpulkan barang-barang antik termasuk hobi atau
kegemaran.
2. Lembar kerja siswa
(lembar diskusi)
Jawablah pertanyaan berikut dengan teman
kelompok diskusi kalian !
1. tuliskanlah benda milikmu yang dapat menjadi sumber
cerita!
2. adakah benda milikmu yang merupakan pemberian orang
lain dan siapakah yang memberikan benda tersebut ?
3. tuliskanlah pengalamanmu yang berkesan saat menerima
hadiah ulang tahun !
3. LembarTugas /
Pekerjaanrumah (PR)
Kerjakansoal di bawahini di bukutugaskalian
!
1. dokumen dan benda penting
berguna sebagai ....
2. hari ulang tahun adalah ....yang menyenangkan
3. peristiwa masa lalu dapat dijadikan sebagai ....
4. jatuh dari sepeda merupakan peristiwa yang ....
5. benda ... mengingatkan
kita pada pemberinya
Kunci
jawaban Lembar kerja siswa :
1. Album foto, barang antik, dan
piala
2. Ada, sepeda roda dua sebagai
hadiah ulang tahun
3. Saat usia saya yang ke 10th
saya diberikan kejutan ulang tahun oleh kedua orang tua saya. Bertepatan dengan
hari sabtu, sesudah pulang sekolah sesampinya di rumah saya terkejut karena di
ruang keluarga sudah berkumpul semua saudara, teman dan banyak kado di meja.
Kunci jawaban Lembar Tugas / PR
1. Bukti dan identitas diri.
2. Peristiwa.
3. Pelajaran.
4. Menyedihkan.
5. Penting.
4.
Form pengamatanperilakuberkarakter
No
|
Nama
|
Perilakuberkarakter
|
Rata-rata
|
|||||||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Percayadiri
|
||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Form PengamatanKetrampilanSosial
No
|
Nama
|
KetrampilanSosial
|
Rata-rata
|
|||||||||||
Teliti
|
Kerjasama
|
Tanggungjawab
|
||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keteranganpenilaian :
Konversinilaiakhir
|
Predikat
(Pengetahuan&Keterampilan)
|
Sikap
|
|
Skala 100
|
Skala 4
|
||
86 -100
|
4
|
A
|
SB
|
81- 85
|
3.66
|
A-
|
|
76 – 80
|
3.33
|
B+
|
B
|
71-75
|
3.00
|
B
|
|
66-70
|
2.66
|
B-
|
|
61-65
|
2.33
|
C+
|
C
|
56-60
|
2
|
C
|
|
51-55
|
1.66
|
C-
|
|
46-50
|
1.33
|
D+
|
K
|
0-45
|
1
|
D
|
6.
Form PenilaianNilaiAkhir
No
|
Nama
|
Diskusi
|
PortofoliodanTugas
|
UlanganHarian
|
NilaiAkhir
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Skorskala 100,
NilaiAkhir (NA)
= (diskusi + portfolio dantugas +
ulanganharian)
3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah dengan bahasa yang sopan