Selasa, 22 November 2016

Alat Peraga Edukatif Matematika “Kartu Domino”



Alat Peraga Edukatif Matematika
“Kartu Domino”
A.    Latar Belakang
Agar terjalin komunikasi dan interaksi yang baik antar guru dengan siswa, maka seorang guru harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa serta pemilihan metode dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Alat peraga Edukatif “Kartu Domino” ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi perkalian dan pembagian yang sudah ditemui sejak kelas 2SD.
B.     Pengertian
Kartu domino merupakan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu kartu domino juga digunakan untuk menghafal fakta dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian serta digunakan untuk menghafal bangun-bangun geometri. Darhim (2001:314). Dalam pembelajaran matematika ini menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme).
C.     Cara Dan Bahan
Ø  Cara pembuatan :
Terlebih dahulu membuat papan perkalian untuk terlebuh dahulu dibagikan kepada siswa untuk mencoba menghafal dengan teman keompok yang berhadapan dengannya.
Pembuatan kartu domino :
Buatlahkartupersegipanjangukuran 8 x 5 secukupnya
Bagilahduapersegipanjangitumenggunakanspidol
Tulislahbilanganperkalianpadasalahsatubagiandanhasilnyapadabagian lain.
Ø  Cara kerja :

1.      Hal pertama yang dilakukan guru adalah mendesain KBM yang akan dilakukan. ,Setelah itu menyosialisasikan kepada peserta didik tentang rancangan pembelajaran yang akandigunakan
2.      Guru membuatkelompok yang terdiridari 2-4 pesertadidik. Kemudian  tiap pesertadidik  dalam kelompok tersebut menempati tempat saling berhadapan. Guru membagikan kartu domino kepada setiap kelompok sebanyak 20 kartu sesuai dengan satuan yang dipelajari. Salah seorang peserta kelompok mengocok kartu, kemudian membagikan kepada peserta kelompok dengan jumlah kartu yang sama.
3.      Peserta yang mengocok kartu mendapat giliran pertama meletakkan kartu domino di atas meja. Peserta lainnya mencocokan kartu yang dipegangnya dengan kartu yang di meja. Begitu seterusnya sampai kartu habis.
D.    Evaluasi
Ø  Kelebihan
Lebih mempermudah siswa dalam menghafal perkalian dan pembagian
   Ada keasikan tersendiri dalam belajar materi tersebut
Alat peraga ini mudah di variasikan dengan materi pembelajaran lain sesuai kebutuhan guru
Ø  Kelemahan
   Siswa yang belum menguasai perkalian dan pembagian akan kesulitan dalam bermain.

diposting oleh ismi danawati (A510130059)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bahasa yang sopan