RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SD BLABLABLA
Kelas/Semester : 1/II
Tema/Sub Tema : 5. Pengalamanku/1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 2
Alokasi
Waktu :
1 hari (5x35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
1.1
menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2
Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta benda-benda di alam sekitar.
3.4
Mengenal
teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4
Menyampaikan
teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator
3.4.1
Menceritakan
kembali secara lisan mengenai peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh
orang tua atau melalui foto.
4.4.1
Bercerita
dengan runtut dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Matematika
2.1 Menunjukkan sikap cmat
dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melaui pengalaman belajar.
3.1 Mengenal lambang
bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
3.2 Mengenal bilangan asli
sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah,
atau tempat bermain.
4.1 Mengurai sebuah
bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua
buah bilangan asli lannya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1
Menuliskan lambang bilangan sesuai jumlah benda dengan tepat.
3.2.1
Membilang benda sebanyak 21 sampai 40 dengan menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar.
4.1.1
Menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan.
PKn
1.3 Menerima kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1
Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah serta mengaitkannya
dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
Indikator
3.1.1
Menentukan simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila.
4.1.1
Menjelaskan perilaku di sekitar yang sesuai dengan Pancasila.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menceritakan berbagai peristiwa yang dialami
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan percaya diri.
2.
Setelah
mendengarkan cerita, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang cerita temannya
dengan bahasa yang santun.
3.
Setelah
menghitung benda sebanyak 21 samapi 40, siswa dapat mengurutkan bilangan dengan
tepat.
4.
Setelah
mengurutkan bilangan, siswa dapat menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan
dengan tepat.
5.
Setelah
mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menentukan simbol bintang sebagai
simbol sila Pertama dengan tepat.
6.
Setelah
mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menjelaskan perilaku di sekitar rumah
atau sekolah sesuai Pancasila dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengenal teks diri (pengalaman masa kecil)
2.
Menuliskan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda dengan tepat, membilang
benda sebanyak 21-40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar,
menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan
3.
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
E.
Metode, Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
1.
Metode: ceramah, diskusi, tanya jawab
2.
Pendekatan: Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)
3.
Strategi Pembelajaran :
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media : Cerita siswa
2.
Alat : Foto siswa saat
masih bayi (ingatkan siswa untuk memebawa foto pada pertemuan sebelumnya).
Benda-benda seperti bola plastik, permen, stik ice cream, dll.
3.
Sumber Belajar : Buku siswa
Kurnianingsih,
Yanti, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa tahfid, berdoa, mentoring pagi
hari.
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak semua siswa untuk semangat pagi
4. Memberikan cerita-cerita teladan untuk menanamkan
nilai-nilai karakter pada diri siswa
5. Bertanya jawab tentang pengalaman masa kecil
6.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang pengalamanku yang
berkesan
7. Menyebutkan tujuan belajar hari ini
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang
telah dibawa dari rumah (mengumpulkan informasi)
2. Jika ada yang tidak punya, maka diminta untuk
menceritakan masa kecil seperti yang telah disampaikan oleh orang tuanya
(mengomunikasikan)
3. Siswa bermain tebak gambar masa kecil (mencoba)
4. Siswa diperlihatkan foto yang siswa bawa secara acak
dan meminta siswa menebak foto siapakah tersebut? (menalar)
5. Siswa yang fotonya dapat ditebak,
diminta maju untuk menceritakan foto tersebut (mengomunikasikan)
6. Siswa mengajukan pertanyaaan
tentang foto atau cerita masa kecil (menanya).
7. Siswa yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk
mengajukan pendapat mengenai cerita temannya (mengamati)
8. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh
giliran untuk tampil
9. Siswa diajak untuk selalu mensyukuri berbagai
peristiwa yang telah dialami, baik menyenangkan maupun kurang menyenagkan.
Setiap peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia
(menalar)
10. Siswa menunjukkan symbol Pancasila sebagai penerapan
ajaran ketuhanan Yang Maha Esa (mengumpulkan informasi)
11. Siswa menyebutkan makanan atau mainan yang mereka
sukai saat masih kecil (mengomunikasikan)
12. Guru menunjukkan tiga buah kantong
yang masing-masing berisi bola plastik, permen, dan stik ice cream
(mengomunikasikan)
13. Siswa menebak jumlah benda yang terdapat dalam
kantong tersebut (mengomunikasikan)
14. Guru mencatat jawaban siswa di papan tulis
15. Siswa menghitung bersama-sama jumlah benda yang ada
di dalam kantung, lalu melingkari jawaban di papan tulis yang menunjukkan
jumlah benda (mengumpulkan informasi)
16. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal di
buku siswa dan soal-soal yang telah ditulis guru di papan tulis (mencoba)
17. Siswa berdiskusi mengenai berbagai pengalaman yang
telah dialami saat masih kecil, baik yang menyenangkan maupun kurang
menyenangkan (mengumpulkan informasi)
18. Siswa dibimbing untuk selalu mensyukuri berbagai
peristiwa yang telah dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan
(mengomunikasikan)
19. kemukakan bahwa bersyukur merupakan salah satu bentuk
pengenalan sila pertama
|
150 menit
|
Penutup
|
1. bersama-sama siswa merefleksi/membuat
simpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Mengajak semua siswa berdoa
(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5. Menginformasikan kegiatan belajar yang akan dating
6. Memberi tugas kepada siswa untuk bersama orang tua
menghitung benda sebanyak 21-40 menggunakan biji-bijian.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap :
percaya diri, disiplin, dan peduli lingkungan
b.
Unjuk kerja : bercerita tentang masa kecil
(lembar pengamatan-observasi)
c.
Penilaian pengetahuan : latihan
tertulis dan mengerjakan lembat kerja di buku siswa (halaman: 9-10)
2.
Bentuk Instrumen Penilaian : Format
pengamatan, isian
Surakarta,
29 Januari 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas I
I.
Lampiran
Bentuk Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
Lembar pengamatan siswa di kelas
Minggu ke…… Bulan….2014 Sub
Tema : Pengalaman masa kecil
No
|
Nama
|
Aspek Yang dinilai
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Peduli Lingkungan
|
|||||||||||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
b.
Unjuk
Kerja
Menceritakan pengalaman
masa kecil
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
1.
|
Penggunaan Bahasa
|
Siswa mampu menceritakan
kembali isi foto yang dibawa dengan menggunakan bahasa indonesia yang
baik
|
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa
dengan menggunakan bahasa Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan
bahasa daerah
|
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa
dengan menggunakan bahasa Indonesia tetapi msih lebih banyak menggunakan
bahasa daerah
|
Siswa menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan
bantuan penuh dari guru
|
penPegamatan/observasi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum terlihat (ü)
|
1.
|
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat
|
||
2.
|
Partisipasi dalam bertanya
|
||
3.
|
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan
|
Soal Evaluasi
Kerjakan!
1. Tulislah nama bilangan pada banyaknya benda di
bawah ini!
2. Hitunglah banyak benda di bawah ini!
3. Kerjakan!
4. Jodohkan dengan sila
yang sesuai!
- Kemanusiaan yang adil
dan beradab a.
Bintang
- Ketuhanan yang maha
esa b.
padi dan kapas
- Keadilan bagi seluruh
rakyat Indonesia c.
rantai emas
5. Isilah titik-titik
di bawah ini:
- Bersyukur kepada
Tuhan adalah pengalaman Pancasila sila ke….
- Kita harus bersyukur
kepada….
Kunci Jawaban dan Skor
1. 17
2. 15
3. 5,5
Skor 8 : 0,8 = 10
4. c, a, b
5.- bintang
- Tuhan
Skor betul: 5 x 2 = 10
Untuk skor LKS di buku
siswa:
-
Setiap
soal yang benar mendapat 2 poin
-
Total skor 2 x 5 = 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berkomentarlah dengan bahasa yang sopan