Jumat, 27 Februari 2015

contoh rpp kelas 1 tematik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Satuan pendidikan    : SD BLABLABLA
Kelas/Semester           : 1/II
Tema/Sub Tema        : 5. Pengalamanku/1. Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran             : 2
Alokasi Waktu           : 1 hari (5x35 menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD)  dan Indikator
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1  menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
3.4  Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 
Indikator
3.4.1        Menceritakan kembali secara lisan mengenai peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh orang tua atau melalui foto.
4.4.1        Bercerita dengan runtut dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Matematika
2.1  Menunjukkan sikap cmat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin     waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melaui pengalaman belajar.
3.1  Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan  bahasa yang sederhana.
3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1  Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lannya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1        Menuliskan lambang bilangan sesuai jumlah benda dengan tepat.
3.2.1        Membilang benda sebanyak 21 sampai 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar.
4.1.1        Menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan.
PKn
1.3  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1  Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah serta mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
Indikator
3.1.1        Menentukan simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila.
4.1.1        Menjelaskan perilaku di sekitar yang sesuai dengan Pancasila.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.        Setelah bertanya jawab, siswa dapat menceritakan berbagai peristiwa yang dialami menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan percaya diri.
2.        Setelah mendengarkan cerita, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang cerita temannya dengan bahasa yang santun.
3.        Setelah menghitung benda sebanyak 21 samapi 40, siswa dapat mengurutkan bilangan dengan tepat.
4.        Setelah mengurutkan bilangan, siswa dapat menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan dengan tepat.
5.        Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menentukan simbol bintang sebagai simbol sila Pertama dengan tepat.
6.        Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menjelaskan perilaku di sekitar rumah atau sekolah sesuai Pancasila dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
1. Mengenal teks diri (pengalaman masa kecil)
2. Menuliskan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda dengan tepat, membilang benda sebanyak 21-40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar, menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan
3. Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
E. Metode, Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
1. Metode: ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan: Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)
3. Strategi Pembelajaran :
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media                 : Cerita siswa
2. Alat                     : Foto siswa saat masih bayi (ingatkan siswa untuk memebawa foto pada pertemuan sebelumnya). Benda-benda seperti bola plastik, permen, stik ice cream, dll.
3. Sumber Belajar   : Buku siswa
Kurnianingsih, Yanti, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5: Pengalamanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa tahfid, berdoa, mentoring pagi hari.
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak semua siswa untuk semangat pagi
4. Memberikan cerita-cerita teladan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada diri siswa
5. Bertanya jawab tentang pengalaman masa kecil
6. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang pengalamanku yang berkesan
7. Menyebutkan tujuan belajar hari ini
15 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang telah dibawa dari rumah (mengumpulkan informasi)
2. Jika ada yang tidak punya, maka diminta untuk menceritakan masa kecil seperti yang telah disampaikan oleh orang tuanya (mengomunikasikan)
3. Siswa bermain tebak gambar masa kecil (mencoba)
4. Siswa diperlihatkan foto yang siswa bawa secara acak dan meminta siswa menebak foto siapakah tersebut? (menalar)
5. Siswa yang fotonya dapat ditebak, diminta maju untuk menceritakan foto tersebut (mengomunikasikan)
6. Siswa mengajukan pertanyaaan tentang foto atau cerita masa kecil (menanya).
7. Siswa yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk mengajukan pendapat mengenai cerita temannya (mengamati)
8. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh giliran untuk tampil
9. Siswa diajak untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami, baik menyenangkan maupun kurang menyenagkan. Setiap peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia (menalar)
10. Siswa menunjukkan symbol Pancasila sebagai penerapan ajaran ketuhanan Yang Maha Esa (mengumpulkan informasi)
11. Siswa menyebutkan makanan atau mainan yang mereka sukai saat masih kecil (mengomunikasikan)
12. Guru menunjukkan tiga buah kantong yang masing-masing berisi bola plastik, permen, dan stik ice cream (mengomunikasikan)
13. Siswa menebak jumlah benda yang terdapat dalam kantong tersebut (mengomunikasikan)
14. Guru mencatat jawaban siswa di papan tulis
15. Siswa menghitung bersama-sama jumlah benda yang ada di dalam kantung, lalu melingkari jawaban di papan tulis yang menunjukkan jumlah benda (mengumpulkan informasi)
16. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku siswa dan soal-soal yang telah ditulis guru di papan tulis (mencoba)
17. Siswa berdiskusi mengenai berbagai pengalaman yang telah dialami saat masih kecil, baik yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan (mengumpulkan informasi)
18. Siswa dibimbing untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan (mengomunikasikan)
19. kemukakan bahwa bersyukur merupakan salah satu bentuk pengenalan sila pertama

150 menit
Penutup
1. bersama-sama siswa merefleksi/membuat simpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
4. Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5. Menginformasikan kegiatan belajar yang akan dating
6. Memberi tugas kepada siswa untuk bersama orang tua menghitung benda sebanyak 21-40 menggunakan biji-bijian.
10 menit

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap                     : percaya diri, disiplin, dan peduli lingkungan
b. Unjuk kerja                         : bercerita tentang masa kecil (lembar pengamatan-observasi)
c. Penilaian pengetahuan          : latihan tertulis dan mengerjakan lembat kerja di buku siswa (halaman: 9-10)
2. Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian

                                                                                                Surakarta, 29 Januari 2014
Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Kelas I






























I.                   Lampiran
Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
  Lembar pengamatan siswa di kelas
  Minggu ke…… Bulan….2014                                          Sub Tema : Pengalaman masa kecil

No
Nama
Aspek Yang dinilai
Percaya Diri
Disiplin
Peduli Lingkungan
1.













2.













3.













4.






























b.      Unjuk Kerja
Menceritakan pengalaman masa kecil
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Penggunaan Bahasa
Siswa mampu menceritakan  kembali isi foto yang dibawa dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan menggunakan bahasa Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan menggunakan bahasa Indonesia tetapi msih lebih banyak menggunakan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan bantuan penuh dari guru


penPegamatan/observasi
No
Kriteria

Terlihat  (ü)
Belum terlihat (ü)
1.
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


2.
Partisipasi dalam bertanya


3.
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan




Soal Evaluasi
Kerjakan!
1. Tulislah nama bilangan pada banyaknya benda di bawah ini!

2. Hitunglah banyak benda di bawah ini!






3. Kerjakan!
          



4. Jodohkan dengan sila yang sesuai!
- Kemanusiaan yang adil dan beradab                                 a. Bintang
- Ketuhanan yang maha esa                                                 b. padi dan kapas
- Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia                            c. rantai emas
5. Isilah titik-titik di bawah ini:
- Bersyukur kepada Tuhan adalah pengalaman Pancasila sila ke….
- Kita harus bersyukur kepada….
Kunci Jawaban dan Skor
1. 17
2. 15
3. 5,5
Skor 8 : 0,8 = 10
4. c, a, b
5.- bintang
- Tuhan
Skor betul: 5 x 2 = 10

Untuk skor LKS di buku siswa:
-          Setiap soal yang benar mendapat 2 poin
-          Total skor 2 x 5 = 10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bahasa yang sopan